AGAR JIWA MUDAH BERSYUKUR DAN TIDAK BERAMBISI DALAM MENGEJAR KEMEWAHAN

Gambar Produk 1
Mutiara Hikmah
Rp0 Rp0
Dengan Memakai Batik, Anda akan Tampil Lebih
๐Ÿ‘‰ PeDe ๐Ÿ‘‰ Lebih Anggun ๐Ÿ‘‰ Lebih Trendy ๐Ÿ‘‰ Lebih Berwibawa.

๐Ÿ‘‰ Dalam perkara akhirat dan perkara ketaatan;
maka lihatlah kepada orang-orang yang berada di atasnya,
agar ia dapat mencontoh mereka, dan mengikuti perilaku orang-orang pilihan (yakni para sahabat dan yang mengikuti mereka)
Sabar Senyum Berdoa
๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh


AGAR JIWA MUDAH BERSYUKUR DAN TIDAK BERAMBISI DALAM MENGEJAR KEMEWAHAN

Syaikh Abdul Aziz Ibnu Baaz rahimahullahu ta’ala berkata,

ูุงู„ุฅู†ุณุงู† ูŠุทู„ุจ ุงู„ุฑุฒู‚، ูˆูŠุนู…ู„ ุจุงู„ุฃุณุจุงุจ، ู„ูƒู† ูŠุญุฐุฑ ุฃู† ุชุดุบู„ู‡ ุนู† ุทุงุนุฉ ุงู„ู„ู‡، ูˆุนู…َّุง ุฃูˆุฌุจ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡؛ ูˆู„ู‡ุฐุง ูŠู‚ูˆู„ ๏ทบ:

“Seorang hamba diperkenankan untuk mencari rezeki, menempuh sebab-sebabnya, namun janganlah sampai hal tersebut menjauhkannya dari ketaatan kepada Allah dan dari apa yang diwajibkan Allah kepadanya.
Oleh karena itu Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

”ุงُู†ْุธُุฑُูˆْุง ุฅِู„َู‰ ู…َู†ْ ู‡ُูˆَ ุฃَุณْูَู„َ ู…ِู†ْูƒُู…ْ ูˆَู„َุง ุชَู†ْุธُุฑُุง ุฅِู„َู‰ ู…َู†ْ ู‡ُูˆَ ูَูˆْู‚َูƒُู…ْ ูَู‡ُูˆَ ุฃَุฌْุฏَุฑُ ุฃَู†ْ ู„ุงَ ุชَุฒْุฏَุฑُูˆْุง ู†ِุนْู…َุฉَ ุงู„ู„َّู‡ِ ุนَู„َูŠْูƒُู…ْ“

“Perhatikanlah orang yang berada di bawahmu dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu. Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Bukhari (6490) dan Muslim (2963) dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)


ูุงู„ุฅู†ุณุงู† ุฅุฐุง ู†ุธุฑ ุฅู„ู‰ ู…َู† ููˆู‚ู‡ ููŠ ุงู„ู…ุงู„ ูˆุงู„ุฌู…ุงู„ ูˆู†ุญูˆ ุฐู„ูƒ ู‚ุฏ ูŠุชุญุณَّุฑ، ูˆู‚ุฏ ูŠุชุฃู„ู…، ู„ูƒู† ูŠู†ุธุฑ ุฅู„ู‰ ู…َู† ุฏูˆู†ู‡ ู…ู† ุงู„ูู‚ุฑุงุก ุงู„ุขุฎุฑูŠู† ุงู„ุฐูŠู† ู‡ู… ุฏูˆู†ู‡ ููŠ ุงู„ู…ุงู„ ูˆุงู„ุฎู„ู‚ ูˆู†ุญูˆ ุฐู„ูƒ؛ ุญุชู‰ ูŠุนุฑู ู‚ุฏุฑ ู†ุนู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡، ู‡ุฐุง ููŠ ุฃู…ูˆุฑ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูˆุงู„ุฎู„ู‚،

“Seseorang itu bila melihat kepada orang lain yang di atasnya, dari sisi harta, keindahan rupa fisik, dan yang lainnya, terkadang ia mengeluh, terkadang sakit hati. Akan tetapi lihatlah kepada orang yang berada di bawahnya dari kalangan orang-orang fakir, yang keadaan mereka jauh di bawahnya dari dari segi harta, rupa, dan sebagainya, sehingga dia akan menyadari besarnya kadar nikmat Allah yang diberikan kepadanya. Dan ini hanya dalam urusan dunia dan rupa/keindahan fisik.

ุฃู…ุง ููŠ ุฃู…ูˆุฑ ุงู„ุขุฎุฑุฉ ูˆุฃู…ูˆุฑ ุงู„ุทَّุงุนุงุช ูู„ูŠู†ุธุฑ ุฅู„ู‰ ู…َู† ููˆู‚ู‡؛ ู„ูŠุชุฃุณَّู‰ ุจู…ู† ููˆู‚ู‡، ูˆู„ูŠู‚ุชุฏูŠ ุจุงู„ุฃุฎูŠุงุฑ،

Adapun dalam perkara akhirat dan perkara ketaatan; maka lihatlah kepada orang-orang yang berada di atasnya, agar ia dapat mencontoh mereka, dan mengikuti perilaku orang-orang pilihan (para sahabat dan yang mengikuti mereka) ...
Lalu beliau mengatakan,

ูุงู„ุฅู†ุณุงู† ููŠ ุฃู…ูˆุฑ ุงู„ุฏูŠู† ูŠู†ุธุฑ ุฅู„ู‰ ู…َู† ููˆู‚ู‡ ุญุชู‰ ูŠุชุฃุณَّู‰ ุจู‡، ูˆุญุชู‰ ูŠุนู…ู„ ูƒุนู…ู„ู‡، ูˆููŠ ุฃู…ูˆุฑ ุงู„ุฏู†ูŠุง ูŠู†ุธุฑ ุฅู„ู‰ ู…َู† ุฏูˆู†ู‡ ุญุชู‰ ู„ุง ูŠุฒุฏุฑูŠ ู†ุนู…ุฉَ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡، ูˆุญุชู‰ ู„ุง ูŠู‚ู†ุท، ูˆุญุชู‰ ู„ุง ูŠุฑู‰ ุฃู†ู‡ ู…ุธู„ูˆู…،

Maka seorang hamba dalam urusan agama/akhirat, hendaknya dia melihat kepada orang-orang yang ada di atasnya, sehingga dia dapat menjadikan mereka sebagai teladan, sehingga dia dapat melakukan seperti amalan mereka.
Adapun dalam urusan dunia, hendaknya dia melihat kepada orang-orang yang ada di bawahnya, sehingga ia tidak meremehkan nikmat yang Allah berikan kepadanya, agar ia tidak berputus asa dan merasa bahwa dirinya terzalimi.
Sehingga ketika ia melihat orang-orang yang ada di bawahnya; ia akan menyadari besarnya kadar nikmat yang diberikan Allah kepadanya.
Kamu memiliki rumah yang bisa ditempati, sedangkan orang lain tidak punya rumah, mereka hanya mampu menyewa dan bersusah payah untuk membayarnya.
Kamu memiliki kemampuan untuk menyewa rumah, sedangkan orang lain tidak memiliki kemampuan untuk itu.
Kamu memiliki rumah yang besar, sedangkan orang lain hanya memiliki rumah kecil yang tidak mencukupi keluarganya.
Maka ada perbedaan yang cukup besar antara dirimu dengan mereka. Maka perhatikanlah orang-orang yang berada di bawahmu agar kamu menyadari besarnya kenikmatan yang diberikan kepadamu.
Sumber: Syarah Riyadhus Shalihin (Hadits no. 467)

_Selamat menunaikan sholat fardhu berjamaah di masjid (bagi laki-laki yang tidak ada udzur

Selasa 30 Januari 2024




ORDER VIA CHAT

Produk : AGAR JIWA MUDAH BERSYUKUR DAN TIDAK BERAMBISI DALAM MENGEJAR KEMEWAHAN

Harga :

https://www.batikmutiara.com/2024/01/agar-jiwa-mudah-bersyukur-dan-tidak.html

ORDER VIA MARKETPLACE