Pertemuan Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani Dengan Setan


25.000

 Pelajaran Penting Dari Kisah Pertemuan Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani Dengan Setan


Di kesempatan yang baik ini, kita akan mengambil pelajaran dari kisah seorang ulama Ahlussunnah yaitu Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani[1] ketika ia berhadapan dengan setan yang berusaha menyesatkannya.


Syaikh Abdul Qadir al-Jailani bercerita:

“Suatu hari pada sebuah perjalananku, aku merasakan panas yang sangat menyengat. Sampai-sampai aku hampir mati kehausan. Kemudian ada awan hitam menaungiku. Angin dari awan itu bertiup menerpaku, hingga air liurku pun terasa berputar dalam mulutku. Tiba-tiba saja dari arah awan itu ada suara yang menyeru: “Wahai Abdul Qodir, aku adalah rabbmu.”​


Maka aku pun bertanya kepadanya: “Engkaukah Allah yang tidak ada ilah yang haq selainNya?”​


Kemudian ia kembali menyeruku untuk yang kedua kalinya: “Wahai Abdul Qodir, aku adalah rabbmu. Aku telah menghalalkan apa yang diharamkan bagimu.”​


Maka aku pun berkata: “Engkau dusta, bahkan engkau adalah setan.”​


Lantas kemudian awan itu pun buyar, dan aku mendengar seorang berkata dari arah belakangku: “Wahai Abdul Qodir engkau telah selamat dariku dengan pengetahuanmu terhadap agamamu. Padahal aku telah menyesatkan 70 orang dengan cara ini.”​


Setelah kejadian itu ditanyakan kepada Syaikh Abdul Qodir: “Bagaimana engkau tahu bahwa dia adalah setan?”​


Beliau menjawab: Tatkala ia mengatakan: “Aku telah menghalalkan bagimu.” Karena setelah wafatnya Rasulullah tidak ada lagi penghalalan serta pengharaman.”​ [Fiqhud Da’wah wa Tazkiyatun Nufus : 113-114]


Dari kisah ini, pelajaran sangat penting yang bisa kita petik yaitu ilmu agamalah tameng penyelamat dari makar setan. Karena ilmu agama adalah cahaya yang menerangi sehingga seorang dapat melihat jalan yang benar sehingga tidak mudah disesatkan.


Iblis tahu akan hal ini, karena itulah langkah pertama Iblis untuk menggelincirkan anak cucu Adam adalah dengan menghalangi mereka dari belajar agama Allah. Imam Ibnul Jauzi rahimahullah mengatakan:


“Ketahuilah, bahwa talbis Iblis yang pertama kepada umat manusia adalah menghalangi mereka dari ilmu agama. Karena ilmu itu adalah cahaya. Sehingga apabila ia telah dapat memadamkan lampu-lampu mereka maka ia akan dengan mudah membanting mereka ke dalam kegelapan sekehendaknya.” (Talbisu Iblis: 309, Cet. Darul Kutub Ilmiah, Beirut)


Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani bisa tahu bahwa suara itu adalah setan, kerena ia memiliki ilmu agama, ia tahu setelah Rasulullah wafat tidak ada lagi perubahan syariat haram menjadi halal atau sebaliknya, karena agama telah sempurna dan tidak akan berubah lagi. Sesuatu yang diharamkan akan tetap haram hingga hari kiamat dan sesuatu yang halal akan tetap halal hingga hari kiamat.


Dari sini pulalah kita bisa memahami lebih dalam sabda Nabi:


طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ


”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah: 224)


Menuntut ilmu tanpa batas waktu dan usia. Setiap muslim dan muslimah selama hayat di kandung badan maka tetap wajib belajar agama. Karena dengan ilmu agamalah kita bisa selamat mengarungi kehidupan dunia dan terhindar dari makar setan.


Mudah-mudahan Allah menganugerahkan kepada kita kesempatan, kesehatan dan kemauan sehingga kita tetap mau belajar agama dengan sungguh-sungguh. Menyediakan waktu untuk mendengarkan pengajian, membaca buku-buku, dan berdikusi dan bertanya dengan para pemilik ilmu sehingga dengan demikian bisa menyelamatkan kita dari segala keburukan.


─────────

Catatan Kaki:

[1] Syaikh Abdul Aziz Ar-Rajhi pernah ditanya, mengenai Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani, apakah ia seorang Ahlussunnah ataukah bukan, beliau menjawab:


Ya, Abdul Qadir Al-Jailani termasuk orang-orang shalih, beliau termasuk ulama mazhab Hanbali. Tetapi manusia banyak yang beri’tikaf di kuburannya. Mereka mengkultuskannya, berdoa kepadanya.  Padahal dia tidak pernah ridha dengan hal itu. Beliau termasuk ulama yang mulia, ulama mazhab Hanbali dan beliau disebutkan oleh Syaikul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah.


Penyusun: Ustadz Zahir Al-Minangkabawi حفظه الله


ORDER VIA CHAT

Produk : Pertemuan Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani Dengan Setan

Harga :

https://www.batikmutiara.com/2023/05/pertemuan-syaikh-abdul-qadir-al-jailani.html

ORDER VIA MARKETPLACE